Kepala Dinas Kesehatan Abdul Muis, SE.MT Gelar Rapat Dengan Bidang Kesmas

Kepala Dinas Kesehatan Abdul Muis, SE.MT Gelar Rapat Dengan Bidang Kesmas

Redelong (BM News), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah Abdul Muis, SE.MT menggelar rapat dengan Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) yang dihadiri langsung oleh Kabidnya Khairuddin, Amd. Kep  bertempat diaula Dinas Kesehatan setempat, Kamis, 25/2/2021.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Kadis Kesehatan Abdul Muis, SE.MT yang membahas tentang, 1.  Bidang Kesling (Kesehatan Lingkungan) yang meliputi,  Program Pemicu Desa STBM (sanitasi total berbasis masyarakat),  Kesjaor (Kesehatan Pekerja dan Olahraga) yaitu pemeriksaan kesehatan pekerja komersial dan  Desa ODF (stop buang air besar sembarangan) s/d tahun 2020 yang berada di 68 desa. 2. Promkes (Promosi Kesehatan)  yang terdiri dari,  Jumlah posyandu dari 13 puskesmas 244 posyandu dan  Promkes berfokus regulasi dan sosialisasi tentang isu kesehatan terkini. 3.Kesga( Kesehatan Keluarga ) yaitu,  UKS : penjaringan kesehatan pada anak sekolah di mulai pada tahun ajaran baru yang diperiksa  secara berkala 1 di awal tahun, pemeriksaan berkala 2,  dimulai bulan 9 sampai selesai, Pembinaan sekolah sehat dan dokter kecil, Remaja : posyandu remaja dilakukan setiap bulan,, pemberian TTD ( Tablet Tambah Darah ) dan penyuluhan kesehatan remaja di sekolah dan Lansia : posyandu lansia di lakukan setiap bulan di desa dan 4. KIA ( Kesehatan Ibu & Anak ) yang meliputi Gizi : program yang di jalankan ya itu stunting dan Kesehatan ibu,anak, KB (keluar berencana) dan AMP( audit maternal dan perinatal ): program berfokus pada kesehatan ibu dan balita, termasuk kasus kematian ibu bayi dan balita.

Dalam rapat tersebut Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan,  pada hari ini kita mengadakan rapat  koordinasi guna mengintegrasi program-program  dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Bener Meriah serta bertujuan untuk mendiskusikan persoalan – persoalan kesehatan di Kabupaten Bener Meriah bersama seluruh program lintas sektor dan elemen masyarakat dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat dengan pendekatan promotif dan preventif tanpa meninggalkan kuratif dan rehabilitatif secara terpadu guna mengoptimalkan kesehatan masyarakat di Bener Meriah, jelas Abdul Muis.

Kata Abdul Muis,  dengan berbagai persoalan kesehatan yang dihadapi ini saya mengharapkan semua mitra kerja di bidang kesehatan harus bergandengan tangan bersama untuk menangani persoalan kesehatan karena pembangunan kesehatan merupakan tanggungjawab bersama mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten serta bersama seluruh Stakeholder terkait, Ungkap Kadis Kesehatan Bener Meriah.

Terakhir Kadis Kesehatan Kabupaten Bener Meriah Abdul Muis, SE. MT menegaskan, sekarang ini kita masih punya persoalan–persoalan kesehatan seperti, kasus stunting  dan persoalan kesehatan lainnya, maka oleh itu kita lakukan rakor ini untuk mencari jalan keluar, menghimbau dan mengajak semua lintas sektor untuk mencegah dan bersama–sama memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat di Kabupaten Bener Meriah sehingga lebih baik,” tegas Abdul Muis.

Rapat tersebut selain dihadiri oleh Kabid juga dihairi oleh para Kasi dan staf terkait. (*Ikas).

Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *