Kepala Dinas Kesehatan Abdul Muis, SE. MT Lakukan Kunjungan Kerja Ke Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama

Kepala Dinas Kesehatan Abdul Muis, SE. MT  Lakukan Kunjungan Kerja Ke Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama

Redelong (BM News), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah Abdul Muis, SE, MT melakukan kunjungan kerja ke Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama dengan berbagai agenda beberapa diantaranya adalah Pembentukan Desa Siaga Sehat Jiwa dan Pelatihan Kader Jiwa di aula Kantor Camat setempat dan membuka kegiatan Loka Karya Mini Lintas Sektoral UPTD Puskesmas Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama di Puskesmas setempat, Rabu, 3/3/2021.

Pada hari ini kita berkumpul disini adalah dalam rangka Pembentukan Desa siaga sehat jiwa sekaligus pelatihan kader jiwa dengan tujuan untuk membantu saudara-saudara kita yang mengalami gangguan jiwa atau lebih dikenal dengan ODGJ serta memantau, dan ini merupakan tugas sekaligus memudahkan kita  tentunya dengan melibatkan masyarakat, kata Abdul Muis dalam arahan saat mebukan kegiatan Pembentukan Desa Siaga Sehat Jiwa dan Pelatihan Kader Jiwa di aula Kantor Camat setempat.

Lanjut Kadis Kesehatan tersebut, Pembentukan Desa Siaga Sehat Jiwa dan Pelatihan Kader Jiwa adalah sebuah model layanan program kesehatan jiwa berbasis masyarakat yang dibentuk dari pengembangan desa siaga di Samar Kilang ini, imbuhnya.

“Kita tentunya berharap,  melalui pendekatan ini diharapkan jumlah ODGJ dapat ditekan, kelompok masyarakat sehat dapat diberdayakan secara optimal dan kelompok resiko dapat dicegah agar tetap sehat,” tegas Kadis Abdul Muis.

“Yang terpenting informasinya harus jelas agar suapaya dalam penanganannya bisa cepat dan tidak terjadi hal-hal  yang tidak kita inginkan,”tegas Kadis Kesehatan.

Lebih jauh Abdul Muis, SE. MT menjelaskan, harus kita pahami betul, masalah kesehatan jiwa masyarakat merupakan masalah yang sangat penting untuk mendapatkan perhatian yang optimal dari berbagai pihak terutama dari para tenaga medis, kadang kala kenyataannya masalah kesehatan jiwa sering tidak dianggap sebagai masalah prioritas dalam pelayan kesehatan terutama di pelayanan kesehatan tingkat primer.

“Memang Sekilas nampaknya, masalah kesehatan jiwa memang tidak menyebabkan kematian secara langsung, namun masalah kesehatan jiwa akan menyebabkan penderitaan berkepanjangan baik bagi individu, keluarga, masyarakat dan Negara karena penderitanya menjadi tidak produktif dan bergantung kepada orang lain, dan ini harus kita antisipasi sedini mungkin,” pintanya.

Pembentukan Desa Siaga Sehat Jiwa dan Pelatihan Kader Jiwa di Samar Kilang tersebut  turut hadir Kabid P2P Dinas Kesehatan Gazali S.KM, Kasie SDMK Hajjah S.KM Sebagai Pemateri, Staf Terkait lainnya Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah, dan Para Kader  dari kampung Blang Panu, Kute Lah Lane, Gerpa, Kerlang,  Kecamatan Syiah Utama Kabupaten Bener Meriah.

Sedangkan dalam agenda Loka Karya Mini (lokmin) Lintas Sektoral UPTD Puskesmas Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama Kadis Kesehatan dalam sambutan, bimbingan serta arahannya menyampaikan, Kegiatan lokmin ini yang kita gelar ini adalah untuk membahas setiap permasalahan yang ada di lapangan untuk di pecahkan bersama, kata Abdul Muis.

“Kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor untuk UPTD Puskesmas samar Kilang Syiah Utama adalah salah satu ruang untuk membangun komitmen, menyatukan misi utamanya ditingkatan pemangku kepentingan, camat sebagai pemerintah kecamatan, Reje Kampung  sebagai representasi masyarakat Kampung, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan puskesmas sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama berkolaborasi, bersinergi guna  meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Samar Kilang ini,” pinta Abdul Muis.

 Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Abdul Muis juga memerintahkan kepada setiap petugas harus membuat Laporan Kerja Harian (LKH).

Dalam Karya Mini (lokmin) Lintas Sektoral UPTD Puskesmas Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama  membahas beerbagai  program diantaranya,  program PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan desa siaga di harapkan penanggung jawabnya  dan tim pelaksana program harus lebih aktif lagi, agar setiap target dapat tercapai.  Program Strata Posyandu dimana para kader harus di kaji dan dan di bina agar teregulisasi. Target ODF (Stop Buang Air Besar Sembarangan) di puskesmas samar kilang adalah 1 desa.  Program CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) 6 langkah akan dilakukan sosialisasi secara massif dan  STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) pada tahun 2021 adalah 6 desa.

Dalam Lokmin itu Kadis Kesehatan Kabupaten Bener Meriah juga menyarankan dimana  setiap pemegang program harus terus membuat inovasi untuk melakukan promosi kesehatan dan  para petugas kesehatan harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam melakukan promosi kesehatan.

Loka karya Mini di UPTD Puskesmas Samar Kilang Turut hadir  Sekertaris : Ns. Aryanto S.kep, Kabid P2P  Gazali, SKM,  Kasi promkes dan pemberdayaan masyarakat  Karnaini Aprina, SKM,  Kasi kesling, kesker dan kesjaor  Naimah ,SKM, Kasi yankes  Eva mahseni , SKM, Kasi SDM  Hajjah ,SKM, Kasi imunisasi dan surveilans : ILham Lisani ,S.Kep Serta Staf terkait lainnya Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah. (*Ikas).

Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *