Bupati Bener Meriah Ikuti Upacara Hari Bhayangkara ke-74 Bersama Unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus Seacara Daring

Bupati Bener Meriah Ikuti Upacara Hari Bhayangkara ke-74 Bersama Unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus Seacara Daring

Redelong (BM News), Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi bersama unsur Forkopimda  dan Forkopimda Plus  diantaranya Sekretaris daerah (Sekda) Drs. Haili Yoga, M.Si, Ketua DPRK Muhammad Saleh, Wakil Ketua I DPRK Tgk. Husnul Ilmy, S.Sy, Wakil Ketua II Anwar,Dandim 0106/AT-BM yang diwakili oleh Kasdim  Mayor Inf Samsirmas, Kajari Agus Suroto, SH. MH, Ketua Penngadilan Purwaningsi,SH, Ketua Mahkamah Syar’iah Siti Salwa, S.H.I, Ketua MPU Tgk. Almuzani, Ketua KIP Khairul Akhyar, SE, Danyon RK 114/SM Mayor Inf. Putra Negara dan Wakapolres Kompol Maryono mengikuti upacara  Hari Bhayangkara ke-74 secara Daring/Online langsung dari Aula Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Kabupaten Bener Meriah yang di pimpin oleh Kapolres AKBP Siswoyo Adi Wijaya, S.IK, Rabu, 1/7/2020.

Upacara yang dimulai secara Daring  tepat pukul 08.30 Wib tersebut bertindak selaku Inspektur Upacara  Presiden Republik Indonesia Ir.H. Joko Widodo.

Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo dalam amanatnya pertama sekali menngucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke-74 dan apresisasi  kepada keluarga besar Polri dimanapun bertugas.

”Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian, pengorbanan, dan sumbangsih saudara-saudara sekalian dalam rangka menjaga keamanan, menjaga ketertiban dalam menegakkan hukum serta dalam memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Presiden.

Presiden dalam kesempatan itu  juga menyampaikan agar sebagai bangsa pejuang tidak boleh cepat menyerah pada pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia.

Kata Presiden, kita harus terus berikhtiar dan bekerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan maupun permasalahan ekonomi, jelas  Presiden.

Tambah Presiden,  ktif kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial dan tentu saja menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi tetap kondusif, tetap aman, dan damai, tuturnya.

”Lakukan tugas kemanusiaan ini secara persuasif dan humanis, namun harus tetap waspada, cepat tanggap, dan tegas dalam menangani setiap pelanggaran hukum dengan menjaga profesionalitas dan kepercayaan rakyat,” jelas Presiden.

Dalam amanatnya Presiden juga memerintahkan, tolong pelaksanaan program penanganan Covid-19 ini dibantu percepatannya dan diawasi penggunaan anggarannya. Alokasi dananya cukup besar, yaitu Rp695,2 triliun dan bahkan bisa lebih besar lagi jika diperlukan, ungkap  Presiden

”Kalau ada potensi masalah segera ingatkan, tapi kalau sudah ada niat buruk untuk korupsi ada mens rea-nya ya harus ditindak, silakan digigit saja. Apalagi dalam situasi krisis sekarang ini tidak boleh ada satupun yang main-main,” tegas Presiden.

Lebih lanjut Presiden Jokowidodo juga menekankan, Jajaran Polri harus terus mereformasi diri secara total, selalu berupaya memperbaiki diri untuk lebih profesional dan modern. Ubah semua kelemahan menjadi sebuah kekuatan,” kata Presiden.

Sedangkan menyangkut Pilkada Sereentak yang akan digelar diakhir tahun 2020 ini Presiden juga mengingta Polri, Selain tugas yang sama pernah dilakukan di Pilkada serentak 2017 dan 2019, kali ini juga harus menjaga protokol kesehatan. Saya tahu tugas ini tidaklah mudah, namun saya yakin Polri, TNI serta penyelenggara dan pengawas pemilu akan mampu menjalankan tugas ini dengan baik,” ujar Presiden.

Diakhir amanatnya Presiden Jokowidodo menyampaikan 7 (tujuh) arahan sebagai pedoman Pelaksanaan Tugas Polri yang berisikan,

1. Pegang teguh serta amalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas serta jaga kehormatan, kepercayaan, dan kebanggaan sebagai anggota Polri.

2. Lakukan reformasi diri secara total, bangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan, akuntabel serta bangun kultur kerja Polri yang profesional, modern, dan terpercaya.

3. Mantapkan soliditas internal, perkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

4. Terapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

5. Tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, lakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat.

6. Jaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.

7. Ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab.

”Semoga Allah Subhanahu Wa Taala, Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa menyertai langkah-langkah kita untuk mengabdi  kepada rakyat, kepada bangsa, dan kepada negara. Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia, teruslah menjadi rastra sewakottama abdi utama nusa dan bangsa,” pungkas Presiden, tutup Presiden.

Sementara Polres Bener meriah seusai mengikuti  Upacara secara Daring tersebut langsung menggelar acara syukuran di ruang serba guna, dan diakhiri  dengan upacara kenaikan pangkat para anggota Polres Bener Meriah.

Diakhir acara Presiden juga mengadakan Videoconfrece dengan bebarapa kapolres diseluruh Indonesia termasuk Kapolres Sabang dari Provinsi Aceh.(Ikas).

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *