Bupati Buka Harganas ke-27, HUT ke-69 Dan Manunggal KB Kesehatan Semester Pertama Tahun 2020

Bupati Buka  Harganas ke-27,  HUT ke-69 Dan Manunggal KB Kesehatan Semester Pertama Tahun 2020

Redelong (BM News), Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi membuka secara resmi Harganas ke-27,  HUT ke-69 Dan Manunggal KB Kesehatan Semester Pertama Tahun 2020 di UPT Puskesmas Ronga-ronga Kecamatan Gajah Putih, Senin, 29/6/2020.

Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi dalam arahan sekalgus bimbingannya menyampaikan, pertama sekali kami ingin menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar TNI yang terlibat dalam salah satu masalah, sebenarnya bisa jadi berkat tapi juga bisa menjadi beban terkait masalah kependudukan di Indonesia, ungkap Bupati.

“Indonesia hari ini mempunya 267.000.000, penduduk dalam beberapa tahun kedepan diperkirakan sekita 350.000.000. penduduk , ini bisa jadi rahmad kalu bisa kita sebut sebagai bonus demografi, tapi juga bisa menjadi beban, jadi keterlibatan TNI dalam masalah ini, dan ini sangat penting untuk diapresiasi,” kata Bupati.

“Pemerintah Kabupaten Bener Meriah sangat berbangga hati, bisa terlibat kerja sama yang sangat baik dalam kegiatan seperti ini,” tambahany.

Lanjutnya, karena di Gayo, tapi lazimnya keluarga-kjeluarga di Gayo sebelum tahun 80 an ini betul-betul KB (Keluarga Besar), tentu saja hal seperti ini kalau terus berlanjut ini akan menjadi beban yang besar bagi sebuah keluarga  untuk kondisi-kondisi saat ini, ujarnya.

“Keluarga Berencana tidak hanya membatasi anak untuk dua orang, tapi betul-betul harus direncanakan, sesuai dengan potensi, sesuai dengan kondisi yang ada di keluarga tersebut,” imbuhnya.

Sambung Bupati, Al-Qur’an membimbing secara khusus ibu-ibu untuk menyusui, yaitu selama dua tahun masa menyusui, sehingga pengaturan kelahiran dilakukan, keluarga cenderung akan lebih sehat, pertumbuhannya akan lebih bagus, dan bisa merencanakan kedepannya seperti apa, jelas Bupati Tgk. H. Sarkawi.

Sementara Dandin 0106/AT-BM  Letkol. Inf. Valyan Tatyunis, dalam  sambutannya mengatakan, Panglima TNI menjelaskan bahwa penduduk merupakan aset penting yang sangat menentukan maju mundurnya suatu bangsa, sehingga aspek kualitas dan kuantitas merupakan jadi sangat penting diperhatikan oleh pemerintah, sehingga TNI diperintahkan untuk mengambil peran ikut mensosialisasikan serta membantu pemerintah mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, sehingga kuantitas penduduk seimbang dengan ketersediaan pangan dan energi, kata Dandim 0106/AT-BM.

Lebih lanjut Dandim mengungkapkan, pada tahun 2035 nanti, pemerintah Indoneisa memproyeksikan jumlah penduduk Indonesia menembus angka, 360.000.000 jiwa,  dan salah satu dampak yang ditimbulkan oleh lonjakan penduduk tersebut adalah ancaman ketahanan pangan, energi serta sangat terbatasnya lapangan pekerjaan,  sebut Dandim.

“Salah satu antisipasi yang bisa dilakkukan adalah menggalakkan kembali Program Keluarga Berencana, disamping menyiapkaninfrastruktur dana hasil pertanian, Kodim 0106/AT-BM sebagai satuan komandi kewilayahan disamping tugas pokoknya untuk melaksanakan pembianaan teritorial khususnya di Kabupaten Bener Meriah, salah satu ujud pembianaan teritorial tersebut adalah kegiatan seperti yang kita laksanakan pada hari in,” jelas Dandim 0106/AT-BM Letkol Inf. Valyan Tatyunis.

Sedanglan Kadis PP,PA dan KB dr. Aliyin dalam laporannya menebutkan, berkenaan dengan HUT Harganas ke-27, Manunggal KB Kes Tahun 2020 dan HUT IBI ke-69, kegiatan Harganas untuk tahun ini kita telah melakukan kegiatan Donor Darah di Kantor PP,PA dan KB Kabupaten Bener Meriah bebrapa hari yang lalu dan kegiatan lainnya, jelasnya.

“Hari ini adalah hari untuk mencapai rekor MURI diseluruh Indonesia, dengan harapan ada sekitar 1.000.000 akseptor KB yang bisa kita laksanakan,” ungkap dr. Aliyin.

Sebut dr. Aliyin, sebenanya puncak kegiatan ini dilaksanakan di Padang Sumbar, tetapi karena wabah Covid-19, dan target diberikan ke Kabupaten Bener Meriah hanya 173 aseptor, tapi dari semangat warga Bener Meriah yang sudah terdata sampai saat ini berjumlah 377 orang, Alhamdulillah, sebut dr. Aliyin.

Hadir dala  kegiatan tersebut antara lain, Kapolres Bener Meriah AKBP Siswoyo Adiwijaya, S.IK, Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si, Asisten I Drs. Mukhlis, Asisten II Abdul Muis, SE. MT, Wakil Ketua I DPRK Tgk. Husnul Ilmi, S.Sy bersama angngota Sofyan, Perwakilan KB Provinsi Aceh, Ketua TP-PKK Ny. Nikmah Sarkawi, S.Sy, Ketua DWP sekaligus Ketua IBI Cabang Bener Meriah Ny. Risnawati Haili Yiga, S.SiT, Para Kepala SKPK, Kabag Humas dan Protokol Wahidi, S.Pd.MM, Prokopimcam Gajah Putih, Tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (Ikas).

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *